Teknik Pointilis, Pengertian, Contoh Gambar Lengkap 2019

Hallo guys jumpa lagi dengan Barokahketik.com. Semoga kalian selalu di beri kesehatan oleh Allah swt dan juga jangan lupa bersyukur. Bersyukur itu sangatlah penting bagi hidup kita, akan ada banyak kebaikan – kebaikan yang kita alami jika kita bersyukur.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Tekhnik Pointilis. Di dalam menggambar pasti kita tidak akan sembarangan dan tidak ada asal – asalan. Kita harus memperhatikan betul karya seni yang akan kita buat.

Meski hanya  sebuah gambar di atas kertas putih yang kecil, namun itu juga sudah bisa di bilang sebuah karya seni.

Teknik Pointilis

Teknik Pointilis
hidayatari3f.blogspot.com

Dalam menggambar terdapat beberapa teknik dan cara dan aturan dalam menciptakan karya seni tersebut. Untuk menciptakan sebuah karya seni di butuhkan dan di perlukan sebuah proses yang panjang.

Juga tidak mudah bagi sebagian besar orang dalam membuat sebuah gambar. Hal ini di karenakan tidak semua orang mengerti dan mengusai teknik dalam sebuah menggambar yang benar.

Untuk itu langkah sebelum menggambar alangkah baiknya kita memahami dan mengerti langkah teknik dalam menggambar. Mengapa demikian ? Agar kita tidak kesulitan dalam membuat sebuah karya seni dalam bentuk gambar.

JIka kita bisa mengusai teknik – teknik dasar menggambar terlebih dahulu kita tidak akan merasa kesulitan dalam menentukan konsepnya. Hal ini dapat menjadikan kita bekal dalam menggambar, dan juga akan mempercepat proses kita dalam menggambar.

Sebaliknya jika kita tidak mengetahui dan mengerti teknik – teknik nya maka kita akan susah dan lama dalam membuat sebuah gambar.

Teknik Menggambar

Teknik menggambar adalah suatu cara yang biasa di pakai dalam proses pembuatan suatu gambar. Dengan adanya teknik – teknik menggambar ini akan lebih mudah dan membantu. Juga bisa mempersingkat waktu dalam membuatnya.

Teknik – teknik dalam menggambar sendiri sudah terbagi menjadi beberapa macam teknik, antara lain ialan Teknik Pointilis.

Bagi kalian yang masih belum tahu tentang teknik pointilis dalam menggambar, dan juga bagaimana cara menerapkannya. Ada berad di tempat yang tepat. Berikut pengertiannya :

Tentang Pointilis

Tentang Pointilis
fitriasketchart.wordpress.com

Pointilis merupakan teknik melukis revolusioner yang di prakarsari oleh Georges Seurat dan Paul Signac di paris pada pertengahan tahun 1880. Sebuah reaksi munculnya gerakan Impresionisme berdasarkan respon subjektif dari setiap seniman pada masa itu.

Pointilis sendiri juga menuntuk pendekatan yang lebih ilmiah untuk memahaminya. Bersama dengan Seurat dan Signac, banyak seniman karya lukis pointilis yang menjadi terkenal. Yaitu adalah seniman asal Prancis yang bernama Henri Edmond Cross, Maximilien Luce dan lain – lainnya.

Beberapa seniman juga tekenal, dan setidaknya 1 kali membuat karya lukis pointilis adalah Von Gogh, Picasso, Mondrian, dan Kandinsky. Teknik pointilis juga mencakup aplikasi cat dalam bentuk titik – titik dengan warna yang murni dan tidak tercampur.

Menurut Seurat dan Signac, teknik ini akan membuat warna – warna yang ada dapat di baurkan oleh mata. Hasilnya pun juga akan lebih menakjubkan dari pada mencampurkan warna terlebih dahulu pada sebuah palet, seperti cara yang biasa di gunakan.

Seorang Seurat yang meninggal pada usia masih muda karena penyakit yang di derita, pernah membuat sebuah maha karya juga. Mahakarya tersebut ada dua, dan menggunakan teknik pointilis dan yang paling berkesan di masa itu.

Namanya adalah : Dimanche Après-Midi À L’île De La Grande Jatte (1884-86, sekarang bertempat di Art Institute of Chicago). Lalu Une Baignade, Asnières (1884, dalam National Gallery in London).

Pentingnya memahami teknik pointilis pada manusia itu untuk para seniman sama pentingnya. Dengan peran Michel Eugene Chevreul dan bukunya, Principles of Harmony and Contrast of Colors.

Menemukan Sebuah Keunikan

Setelah sekian lama mengamati beberapa karya pointilis yang pernah di buat, ia menemukan keunikan yang sebenarnya terletak pada penggabungan warna. Bukan dari jenis cat yang di gunakan.

Singkat cerita peran pilihan dan penggabungan warna yang bisa mempengaruhi pengliatan, bukan dari komposisi cat tersebut. Semua lukisan pointilis bergantung kepad apenempatan warna komplementer yang bisa meningkatkan intensitas warna sejeninya. Contoh warna tersebut ialah biru dan jingga.

Gerakan pointilis berasal dari sebuah ulasan karya lukis Seurat oleh seorang kritikus seni asal Prancis yang bernama Felix Feneon. Beliau sendiri menggunakan ungkapan Peinture Au Point (Melukis dengan titik).

Seurat sebelumnya memilih untuk menggunaka istilah “Divisionisme”atau “kromoluminarisme”. Namun pada akhirnya nama Pointillisme lah yang paling umum digunakan.

Feneon adalah salah satu gerakan neo – Impresionisme, dengan kata lain pointilis berada sangat jauh dari Impresionisme. 

Beberapa karya seni seperti Un Dimanche Après-Midi À L’île De La Grande Jatte. Bahkan pernah di pamerkan sebagai bagian dari pameran impresionisme yang kedelapan (dan terakhir) di Paris pada bulan Mei 1886.

Sebagai bagian dari gerakan yang lebih awal, para seniman yang memakai teknik pointilis berharap untuk bisa mengimplementasikan ilusi optic pada karya mereka.

Sayangnya beberapa dari mereka lebih memilih untuk menggunakan gerakan yang mengalir berupa garis -garis. Namun saja tetap mempertahankan detail dan ketelitian.

Vincent van Gogh

Seorang seniman ini mengenal seorang Seurat  dan Signac pada saat masih tinggal di paris pada tahun 1886 sampai 1888. Mereka memiliki hubungan yang singkat dengan pointilis. Beberapa karyanya dari periode parisian seperti “Self-Portrait” tahun 1887 menunjukkan beberapa petunjuk tentang pengaruh pointilis.

Menurut sejarah, setelah mengunjungi studio milik Seurat, ia mendapatkan persepsi yang berbeda tentang warna.

Semua ahli sejarah seni, maupun kritikus setuju bahawa Van Gogh terlalu sangar untuk teknik melukis yang membutuhkan ketelitian tinggi seperti pointilis. Seniman lain juga pernah menggunakan teknik pointilis sekitar masa itu adalah Camille Pissarro.

Pengertian Teknik Pointilis

Pengertian Teknik Pointilis
lazkamart.blogspot.com

Pointilis telah mendeskripsikan sebuah teknik di mana ratusan sampai ribuan titik atau garis – garis kecil. Di aplikasikan pada kanvas, atau permukaan lain, untuk menciptakan suatu bentuk.

Teknik ini juga bersandar pada kemampuan mata dan pikiran pengamat untuk menggabungkan semua titik menjadi rangkaian warna. Teknik pointilis bisa di bilang juga mirip dengan proses percetakan modern.

Seperti menggunakan printer CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key), jika di lihat dari jarak tertentu sekitar 3 kali pengukuran diagonal. Titik – titik yang ada memberikan efek yang lebih halus dari pada yang di buat dengan cara konvensional.

Menggambar Dengan Pointilis

Menggambar Dengan Pointilis
youtube.com

Pertama carilah gambar yang ingin di buat sebeagai referensi, kemudian cetaklah untuk digunakan sebagai contoh teknik pointilis. Atau juga bisa menggunakan sebuah potret kesukaan.

Setelah gambar sudah di tentukan, lalu letakkan kertas di atas gambar tersebut. Anda juga bisa menggunakan penjepit kertas untuk menjepit gamabar di dua sisi yang berbeda agar tidak bergeser.

Metode Pertama Menggunakan Metode Pensil

Gunakan pensil untuk membuat titik pada kertas, jika gambar memiliki area yang gelap maka buatlah dengan jarak yang dekat.

Metode kedua Menggunakan Cat

Jika anda menggunakan cat, anda bisa langsung mencontek warna yang terlihat pada kertas Salinan.

Jika anda tidak ingin merusak gambar, letakkan selembar plastik bening di antara gambar asli dan gambar contohan yang sedang anda buat. Plastik ini akan melindungi gambar asli dari cat warna.

Pengertian Pointilis

Pengertian Pointilis
youtube.com

Pointilis adalah sebuah bentuk seni yang lahir dari karya para seniman di Prancis dan Italia, pada akhir 1800 dan awal 1900. Konsep penciptaan karya seni pointilisme adalah penggunaan titik – titik berwarna untuk menciptakan karya sen. Bukan sebuah goresan kuas yang seperti biasa digunakan.

Penutup

Membuat sebuah karya seni tidak sembarang harus mengikuti panduan atau teknik yang sudah ada. Jika kita tidak mau mengikutinya maka hasilnya juga akan tidak maksimal.

Cukup sekian guys semoga bermanfaat, jangan lupa share pada temen – temen yang lain biar mereka tahu teknik – teknik menggambar. Terima kasih guys…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *