Pengertian Seni Tari, Fungsi, Unsur, Jenis [LENGKAP]

Hallo guys jumpa lagi dengan Barokahketik.com. Semoga kalian selalu di beri kesehatan oleh Allah swt dan juga jangan lupa bersyukur. Bersyukur itu sangatlah penting bagi hidup kita, akan ada banyak kebaikan – kebaikan yang kita alami jika kita bersyukur.

Pengertian seni tari menurut para ahli adalah suatu gerakan yang ber irama,  dan di lakukan di tempat dalam waktu yang bersamaan. Dengan mengekspresikan suatu perasaan dan menyampaikan pesan dari sesorang maupun kelompok.

Baca Juga Unsur Unsur Seni Rupa

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli
15sastrabunj.blogspot.com

Soedarsono

Tari sendiri adalah sebuah ungkapan dari dalam jiwa yang di exspresikan melalui gerakan ritmis yang indah atau Estetis.

Maksud perkataan diatas adalah ungkapan sebuah rasa dan keinginan dari dalam diri seseorang yang melimpahkan atau menunjukkan rasa dan emosional.

Sebaliknya gerakan Ritmis yang indah adalah gerakan tubuh yang di sesuaikan dengan irama nada yang menggiringnya. Sehingga menciptakan daya pesona yang memikat bagi yang menikmatinya.

Corrie Hartong

Tari adalah sebuah perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia yang mendorong untuk mencari sebuah ungkpan. Ungkapan yang di maksut adalah sebuah ungkpan berbentuk gerakan yang ritmis.

Gerakan tersebut langsung bisa di katakan dengan tari jika gerakan itu terlihat sudah ritmis.

Yulianti Parani

Gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh. Ataupun seluruhnya yang di lakukan oleh seorang atau keompok yang di sertai oleh exspresi tertentu.

Aris Toteles

Suatu gerakan ritmis yang menghadirkan suatu karakter manusia pada saat mereka bertindak.

Sachs

Suatu ungkapan jiwa manusia yang di sampaikan melalui suatu gerak irama yang mempunyai nilai tertentu.

Pangeran Suryadiningrat

Tari adalah sebuah gerak yang di hadirkan oleh seluruh anggota tubuh seseorang yang di lakukan secara selaras.  Dengan irama musik dan dengan maksud tertentu.

Enoch Atmadibrata

Tari adalah gerakan tubuh yang tersusun di dalam suatu ruang dan berlandaskan irama dna gerak.

Bagong Sudito

Tari adalah suatu seni berupa sebuah gerakan tubuh yang ritmis dan menjadi alat exspresi manusia.

I Gede Ardika

Seni tari adalah suatu hal yang mampu untuk melaraskan gerak tubuhnya dengan irama tertentu.

Haukins

Seni tari adalah sebuah ungkapan jiwa yang di jadikan suatu bentuk gerakan imajinasi penciptanya sendiri.

Irmgrad Bartenieff

Tari adalah suatu bentuk seni Ekspresionotis yang menggambarkan sikap jiwa manusia terhadap sebuah konflik dan masalah di dunia modern.

Kamaladevi Chattopadhaya

Tari adalah suatu desakan dari diri seorang yang mnegharuskan untuk di luapkan dan berbentuk gerakan yang ritmis.

Kamala Devi Chattopadhyaya

Seni adalah suatu insting yang mendesak emosi dari dalam diri manusia yang mendorong.

M.A Theodora Retno Maruh

Seni tari adalah suatu karya seni gerak yang tidak akan pernah bersifat kontemporer.

Judith Lynne Hanna

Seni tari adalah seni plastis dari gerak visual yang terlihat sepintas.

Baca Juga Unsur Unsur Seni Rupa

Unsur Unsur Seni Tari

Unsur Unsur Seni Tari
lailanuradiana11 – WordPress.com

Tari masih belum bisa di katakan sebagai seni jika tidak memenuhi unsur – unsur yang ada. Dengan adanya unsur – unsur tersebut, maka akan tercipta gerakan – gerakan yang ritmis dan indah.

Seni tari mempunyai dua unsur yaitu:

  1. Unsur Utama.
  2. Dan Unsur Pendukung.

Unsur Utama Dalam Seni Tari

Unsur Utama Dalam Seni Tari
ragamseni.com

Suatu gerakan tidak di katakan sebagai tarian apa bila tidak memenuhi 3 unsur. Berikut penjelasan Unsur unsur dalam tari :

  • Wiraga (Raga) :

Adalah sebuah tarian harus menampakkan gerakan badang, baik dengan posisi duduk ataupun dengan berdiri.

  • Wirama (Irama) :

Adalah sebuah seni tari harus memiliki unsur irama yang menyatukan gerakan badan dengan musik pengiringnya. Baik dari segi tempo maupun irama.

  • Wirasa (Rasa) :

Adalah sebuah seni tari harus mampu untuk menyampaikan sebuah perasaan yang berada di dalam jiwa. Di sampaikan melalui sebuah tarian dan gerakan juga exspresi penari tersebut.

Unsur Pendukung Dalam Seni Tari

Unsur Pendukung Dalam Seni Tari
ragamseni.com

Bab ini hanyalah ajang untuk memikat sang penonton agar sebuah tarian terlihat lebih menarik. Jika unsur ini tidak di penuhi maka suatu gerakan yang ritmis sudah di katakan gerakan seni tari.

Alangkah baiknya unsur pendukung juga di penuhi, agar lebih memiliki daya pesona jika di gunakan dalam sebuah pertunjukan. Berikut Unsur Unrsur Pendukung Dalam Seni :

  • Ragram Iringan

Sebuah tari yang di iringi dengan musik yang ritmis dan cocok dengan alur gerak tarian. Sehingga terjadi perpaduan yang indah antar gerakan dan musik. Namun, tari akan lebih indah dan dinikmati jika di iringi dengan suara dari sang penari. COntoh seperti tepukan, hentakan, maupun teriakan.

  • Ragam Gerak

Sebuah tari yang terlihat indah jika seluruh anggota badan berkolaborasi, bukan hanya kaki dan tangan. Kombinasi dari raut muka serta lirikan mata dan juga ekspresi wajah akan menambah daya tarik sendiri.

  • Rias Dan Kostum

Sebuah tarian akan terlihat mewah dan lengkap jika ada unsur rias dan kostum. Jika tarian tanpa rias dan kostum akan terlihat seperti kurang menawan atau kurang bagus.

Pentingnya sebuah kostum dan rias wajah adalah menambah pesona dan daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

  • Pola Lantai/Bloking

Poin yang terakhir ini sangatlah penting, mengenai bagaimana pentingnya mengagungkan seorang penikmat. Yaitu dengan cara menghias lantai agar lebih terlihat fresh dan penari sendiri harus bisa menyesuaikan tempat.

Jenis Jenis Seni Tari

Jenis Jenis Seni Tari
keragamanseni.blogspot.com

Pada dasarnya tari dikelompokkan menjadi 2, dan macam-macam perbedaan itu bisa kita lihat dari jumlah penari dan macam genre.

  • Tari Berdasarkan Jumlah Penarinya

Di dalam sebuah tari pasti akan ada sebuah subjek utama yang menjalankan tarian tersebut. Alat yang lain adalah untuk pendukung saja agar lebih terlihat indah.

Jika syarat di atas tidak ada, maka masih belum bisa di katakan seni tari. Hal ini dapat di kelompokkan menjadi 3 kategori. Antara lain :

  1. Tari Tunggal
    Adalah sebuah tari yang di perankan oleh 1 penari saja, baik itu laki – laki maupun perempuan. Contoh seperti tari Gatot Kaca asal Jawa Tengah.
  2. Tari Berpasangan
    Adalah sebuah tari yang di perankan oleh 2 orang, baik itu penari laki – laki maupun perempuan. Contoh Tari Topeng Asal Jawa Barat.
  3. Tari Berkelompok
    Adalah sebuah tari yang di bawakan oleh 2 orang atau lebih, baik itu penari laki – laki maupun perempuan. Contoh Tari Saman asal Aceh.
  • Tari Berdasarkan Genre

Seni tari juga di bedakan dengan yang namanya genre atau aliran. Aliran seni dapat di kelompokkan menjadi 3 yaitu :

Tari Tradisional

Yaitu sebuah tari yang di wariskan dari sejak zaman dahulu yang di lesterarikan menjadi budaya sebuah daerah. Dakam tarian juga terdapat sebuah filosofi, simbol dan unsur religius.

Tari tradisional tidak akan berubah meski dari masa ke masa, mulai dari pakaian, kostum, rias dan tarian itu sendiri. Berikut adalah bagian dari tradisional :

  • Tari Tradisional Klasik

Seperti yang di katakan di atas bahwa sebuah tarian tidak boleh di kurangi maupun di tambah karena akan merusak seni tari tersebut. Meskipun zaman sudah berganti namun tarian itu juga tidak boleh di ganti.

Biasanya tari ini di hadirkan pada saaat menyambut sebuah tamu kehormatan . Contoh dari tarian adalah Tari Bedhaya Srimpi asal Jawa Tengah dan Tari Sang Hyang dari Bali.

  • Tari Tradisional Kerakyatan

Jika tari Tradisional Klasik tidak boleh di ganti gerakan maupun yang lainnya. Namun tarian  ini bisa di padukan dengan gerakan lainnya agar terlihat lebih indah. Tarian ini juga tidak banyak memiliki syarat yang banyak untuk melakukannya.

Biasanya tari ini di hadirkan pada saat perayaan dan sebagai tari pergaulan. Contoh tari ini adalah Tari Jaipong dari Jawa Barat dan Tari Lilin dari Sumatera.

Tari Kreasi Baru

Adalah sebuah tarian yang di kembangkan oleh seorang koreografer. Seni gerakan yang di tampilkan sudah tidak baku lagi, dan gerakan tersebut bersifat bebas. Juga masih tergolong dalam gerakan tari estetis dan indah.

Tari kreasi baru juga di bagi menjadi 2 bagian, yaitu Tari kreasi baru pola tradisi  dan Tari kreasi baru pola non tradisi.

  • Pola tradisi
    Tari ini menggunakan sentuhan tradisional , baik dari segi gerakan, kostum maupun iramanya. Banyak tradisi yang di bawakan di dalam jenis tarian ini.
  • pola non tradisi
    Namun sebaliknya tari ini adalah tarian yang tidak menggunakan unsur tradisional, tarian ini juga bisa di katakan tarian modern.

Tari Kontemporer

Jenis tarian ini merupakan tari yang menggunakan gerakan – gerakan yang bersifat simbolik, unik dan mengandung pesan tertentu.

Irama yang di gunakan juga berbeda bisa di bilang unik, mulai dari musik sederhana, orkestra dan musik flutyloops.

Mulai dari rias wajah dan kostum, tarian ini bisa di bilang aneh, mengapa ? Karena untuk mengenang sebuah perjuangan seorang tokoh atau juga tepat di hari cerita itu sendiri.

Fungsi Seni Tari

Fungsi Seni Tari
brainly.co.id
  • Tari Pertunjukan
    Sebuah tari yang di siapkan suatu acara dan akan di pentaskan.
  • Tari Upacara
    Sebuah tari yang di pertunjukkan pada saat upacara adat maupun upacara yang bernuansa keagamaan.
  • Tari Hiburan
    Sebuah tari yang di adakan untuk menghibur penonton saja. Tari ini biasanya di mainkan dengan alunan musik dan irama yang mantap untuk di dengar.
  • Tari Pergaulan
    Sebuah tari yang di mainkan untuk berinteraksi kepada sesama.
  • Tari Kesenian
    Sebuah tari yang di laksanakan untuk tujuan pelestarian budaya.

Baca Juga Unsur Unsur Seni Rupa

Penutup

Tari adalah sebuah aset atau peninggalan dari nenek moyang kita di zaman dahulu. Maka dari itu Seni yang satu ini jangan sampai terlupakan bahkan hilang dari kita. Mari kita jaga bersama – sama agar anak cucu kita juga merasakannya.

Terima kasih sudah mampir kesini semoga bermanfaat bagi kalian semua terutama mimin pribadi. Sekali lagi terima kasih guys…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *