Farhan Sing akeh belajar lan ngopi... Orep butuh duwek lan inspirasi :v

PENGALAMAN SAAT SEKOLAH SMP (Sekolah Menengah Pertama)

3 min read

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang pengalaman saya sewaktu pertama kali masuk sekolah smp. Saya mendaftar sekolah smp yang bernama Smp Al-Azhar yang terletak berdekatan dengan sekolah Mi saya yaitu di Desa Brongkal.

Mulai dari pendaftarannya saya sudah mendaftar sendiri tanpa di damping orang tua. Saya masuk smp pertama kali juga tidak sendiri tapi bersama teman saya yang bernama syahrul. Syahrul ini anaknya pinter banget kalau si suruh menggambar, karena hobinya juga menggambar.

Setelah di terima sekolah di sana kamipun berkenalan sesame teman di dalam kelas kita. Adaptasi kelas di mulai dangan adanya jam pelajaran yang sudah di mulai setelah sepekan bersekolah.

Setelah itu kami di beri tugas oleh guru seni untuk menggambar sesuatu yang menurut filing kita itu bagus. Di situ saya tidak menggambar dulu tetapi saya hanya melihat syahrul yang sedang asik menggambar dengan imajinasinya.

Setelah sekian jam menggambar akhirnya gambaran itu pun jadi. Sebuah gambar yang mungkin terbilang unik dan ribet, entah itu namanya apa saya tidak tahu yang terpenting itu bagus.

Yang patut kita sayangkan adalah teman se angkatan sama kita ada yang tidak meneruskan sekolah alias berhenti di tengah jalan. Murid yang saya maksud adalah zahro sama heru. Mereka berasal dari desa yang sama yaitu gunung pandak, mereka juga tetangga deket.

Entah apa yang mereka fikirkan sampai mereka harus putus sekolah, entah dari segi ekonomi keluarga atau yang lain. Tapi doa kami untuk mereka meskipun sudah keluar semoga tetep sukses.

TERTIDUR DI DALAM KELAS

Gambar Via pixabay.com

Jam sekolah hampir jam 7 pagii, di situ saya berangkat dalam keaadaan mengatuk karena waktu malamnya begadang bareng bersama teman”. Setelah sampai di sekolah saya pun tetap mengantuk, ujian setan.

Di karenakan mengantuk dalam sekolah jam pelajaran pun saya tinggal tidur. Biasa anak kecil hehehe…. Dan jam sekolahpun habis saya tetap tidur di meja saya sampai teman” semua di suruh pulang dulu sama guru saya. Guru saya ini bernama pak muhyi beliau suka bercanda tapi tegas.

Kalau beliau di suruh mukul siswa yang melanggar peraturan, beliau pukul karena orangnya tega banget. Contohnya saya sering kena pukul pak muhyi, tapi kalau muridnya nurut apa kata beliau enak banget di kelas.

Setelah itu karena saya tertidur pulas di atas meja saya, saya tidak langsung di bagunkan melainkan masih di jahilin oleh beliau. Setelah kelas dan sekolah sepia pa yang terjadi ??  Saya baru di bangunkan oleh beliau, bagaimana rasa malu yang keluar dari wajah saya ketika terbangun ada guru di depan muka.

Setelah itu saya senyum” sendiri karena malu tidur di dalam kelas sampai pelajaran selesai. Setelah pak muhyi keluar dari kelas saya langsung lari pulang dengan kecepatan penuh. Hehehe….

RENOVASI GEDUNG SEKOLAH

Gambar Via pixabay.com

Berselang beberapa bulan gedung sekolah kita di renovasi dan semua murid SMP sekolah nya masuk sore hari karena kita pakai gedung MTS.

Berjalan selama kurang lebih 3 bulan dan akhirnya jadi. Yang dulunya kami berada di gedung bawah dan sekarang kami pindah ke gedung atas yang dulunya punya MTS. Dan tidak lama lagi gedung MTS juga di renovasi mungkin karena gengsi ya hehehe…

Setelah semua selesai gedung sudah di renovasi semua, sudah bagus semua dan Alhamdulillah bantuan dari pemerintah datang. Untuk bantuan yang di SMP kami di beri sebuah peralatan LAB IPA dan itu bisa di bilang banyak dan lengkap.

Sayangnya selama saya bersekolah di SMP barang LAB IPA itu tidak semua saya pakai hanya beberapa saja. Beberapa benda yang bisa saya pakai, contohnya ya teleskop dan kompas penunjuk arah yang bisa di buat saat kita berada di dalam hutan.

Hal yang menurut saya unik, adalah guru yang mengajar di pelajaran IPA Fisika beliau baru saja menikah umur 40 tahun. Beliau seorang perempuan dan orangnya itu sangat strong banget, dan sabar benget ngurus murid”nya yang nakal”.

KEGIATAN PERKEMAHAN

1. BERKEMAH DI PEMANDIAN SUMBER TAMAN

Gambar Via pixabay.com

Waktu baru naik ke kelas 3 SMP, ada event pramuka yang namanya PERSAMI (Perkemahan Sabtu Mingu). Jauh” hari kami semua langsung menyiapkan apa yang perlu kita bawa,dan apa yang perlu kita tampilkan saa pensi berlangsung.

Karena itu pengalaman saya pertama kali pada pramuka dan perkemahan, saya sangat antusias sekali menyambutnya. Disana kami mengenal teman” baru, dari sekolah” yang pramukanya sudah maju sekali.

Kami semua banyak belajar dari mereka” semua. Kami juga sering bertanya sejak kapan kalian ikut organisasi ini dan sudah menjadi hebat, bisa di sebut seperti itu.

Kegiatan PERSAMIpun di mulai sejak pagi, mulai belajar mendirikan tenda hingga mengatur tempat yang enak untuk di buat tidur di dalamnya. Setelah hari sudah mulai gelap kami semua istirahat sejenak, makan, dan lain”.

Setelah sholat isya’ kegiatan di mulai lagi, sekarang waktu nya api unggun. Kami semua berdiri mengelilingi kayu yang di bakar di tengah” lapangan untuk di bakar.

Setelah semua kayu” yang berada di tengah itu di bakar kami mulai bernyanyi, awalnya sih gak hafal lagunya tapi karena dari hati antusias banget dan ingin belajar sedikit demi sedikit kami mulai hafal liriknya.

Setelah semua kegiatan pada hari itu selesi kami semua istirah dan tidur malam untuk menyiapkan badan untuk hari esok yang masih ada tantangan lagi.

2. KEGIATAN JELMED (Jelajah Medan)

Gambar Via unsplash.com

Keesokan harinya sekitar jam 07.00 kegiatan di mulai kembali pada saat setelah sarapan. Sebelum itu kami menyiapkan peralatan apa saja yang wajib di bawa saat kegiatan. Kita menyiapkan mulai dari tongkat, tali rafia, air minum dan makanan ringan.

Semua berbaris di lapangan dan mendengarkan instruksi dari komandan dan untuk kegiatan pagi ini adalah JELMED (Jelajah medan). Setelah instruksi selesai kami semua memulai kegiatan dengan membaca doa sebelum berangkat.

Selama JELMED (Jelajah medan) kami melewati banyak rintangan mulai dari menyebrangi sungai dan melewati jalan setapak di pinggir sawah. Tapi semua itu tidaklah berat karena kerjasama team dan sedikit candaan di antara kita semua.

Kegiatan pada hari itu sudah selesai kegiatan selanjutnya adalah pembagian hadiah dari penyelengara event PERSAMI (Perkemahan Sabtu Mingu). Waktu pembagian hadiah mungin kami masih belum dapet rezeki jadi kami tidak mendapat sama sekali hadiah yang ada.

Tapi kami tidak berkecil hati, mungkin karena factor [ersiapan yang singkat dan pengalaman yang pertama kita tidak mendapatkan hadiahnya. Suatu saat kita pasti dapat.

Pada hari ini kami semua akan berpisah bukan untuk selamanya namun untuk sementara saja. Jika suatu saat ada event” seperti ini pasti kami akan bisa bertemu kembali Se You Next Time Brother.

Yah mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan pada artikel kali ini, sebuah pengalaman yang harus kita ingat selalu karena kita (Manusia) tidak akan bisa kembali lagi pada usia kecil dulu. Good bye guys…

Farhan Sing akeh belajar lan ngopi... Orep butuh duwek lan inspirasi :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *