Farhan Sing akeh belajar lan ngopi... Orep butuh duwek lan inspirasi :v

PENGALAMAN PADA SAAT IKUT PRAMUKA

3 min read

Halo guys pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman tentang serunya ikut pramuka. Karena saya adalah salah satu dari anggota pramuka. Hehehe…

Pramuka adalah sebuah EXSKUL (Exstra kulikuler) yang hampir ada pada setiap sekolah di tanah air. Pramuka juga mempunyai banyak pengikut karena memang kegiatannya yang seru, dan juga banyak challenge di dalam kegiatannya.

PERTAMA KALI IKUT PRAMUKA DAN BERKEMAH

Gamabar Via Pixabay.com

Pertama kali saya ikut pramuka yaitu pada saat masih sekolah sekitar kelas 3 MI (Madrasah Ibtidaiyah). Awalnya sih ya Cuma iseng-iseng ajah ikut, tapi pramuka di MI saya tidak sampai lama, baru beberapa bulan sudah berhenti.

Singkat cerita, saya aktif kembali di pramuka saat masih sekolah SMP (Sekolah Menengah Pertama). Sebelumnya tidak ada exskul pramuka di sekolah saya. Karena ada undangan yang mendesak harus ada perwakilan yang ikut dalam acara tersebut, dan terbentuklah Squad pramuka.

Dari sekian banyak murid yang ada di SMP hanya 40% saja yang ikut. Langkah selanjutnya adalah tahap seleksi bagi yang ikut dalam PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu).

Sebelum berangkat PERSAMI minggu depan, kami mulai menyiapakan tenaga, berlatih dan peralatan. Karena waktu yang sedikit, kami berangkat dengan keadaan seadanya dan mencoba memberikan semaksimal mungkin untuk sekolah.

PERSAMI sendiri di adakan di tempat pemandian Sumber Taman, yang terletak di Desa Brongkal, Kec Pagelaran, Kab Malang. Acara ini di ikuti banyak peserta dari semua smp di Kecamatan Pagelaran.

Kegitan ini berlangsung selama 2 hari dan kegiatannya juga banyak. kegiatan yang dilakukan seperti belajar tentang kesehatan dan menjelajah hutan.

Kami banyak mengenal teman baru dari sekolah smp yang lain, ada yang enak di ajak ngobrol, ada juga yang songong. Memang sih semua orang berbeda-beda.

Setelah 2 hari semua kegitan sudah terlaksana saatnya kami semua berpisah untuk pulang ke sekolah masing-masing. Sebelum itu ada pembagian hadiah dari panitia bagi kelompok yang kompak dan yang paling bagus.

Sayangnya kelompok kami tidak ada yang mendapat hadiah sama sekali, karena mungkin pengalaman dan persiapan yang minim. Tapi kami tidak berkecil hati karena mungkin ini awal dari kesuksesan kedeapannya ntuk team ini.

PERKEMAHAN YANG KE DUA

Gambar Via Pixabay.com

Kali ini kami mengikuti perkemahan yang kedua kalinya, yang di adakan langsung dari kabupaten. Lokasi perkemahan berada di lapangan Kecamatan Pagelaran yang di ikuti hampir 1000 orang.

Karena perkemahan ini sangatlah bergensi maka kami jauh-jauh hari sudah mempersiapkannya. Kami latihan baris-berbaris, yel-yel, dan sinmbol-simbol pramuka. Jadwal latihan kami sangat full, dalam seminggu bisa 3 kali pertemuan, dan itupun di mulai sejak pulang sekolah hingga sore.

Karena kami sangat antusias menyambut perkemahan kita yang ke 2, kami tidak merasa lelah meskipun latihan yang sangat lama. Karena kami ingin mengukir sejarah dengan mendapat juara di ajang yang bergensi ini.

Setelah beberapa minggu kami berlatih, dan sekarang waktunya pembuktian. Perkemahan ini berlangsung selama 3 hari, dengan kegiatan yang banyak dan juga beragam.

Kami berangkat bersama-sama dari sekolah menuju lokasi perkemahan menggunakan pick up yang di sewakan oleh kepala sekolah. Setelah sampai lokasi, kami langsung mengikuti acara pembuka yang di buka langsung oleh wakil Bupati Malang Rendra Krisna.

Setelah APEL selesai kami langsung mendirikan tenda, beruntungnya tenda kami berada di depan sediri di samping pos siaran. Setelah tenda berdiri kami memasukkan perlengkapan yang sudah kita bawa dari rumah seperti pakaian dll.

Setelah itu kami semua mulai menghias tenda, mulai dari dalam dan luar tenda. Karena kerapian dan kebersihan tenda juga masuk penilaian panitia jadi kami buat sebagus mungkin.

Karena semua sudah selesai, tenda sudah terlihat rapid an bersih kami langsung mengkuti kegiatan selanjutnya.

KEGIATAN SELAMA BERKEMAH DI PAGELARAN

Gambar Via Unsplash.com

Kegiatan kami yang pertama adalah membuat tenda darurat. Tenda darurat ini bisa di pakai pada saat kita sedang berada di hutan. Tenda ini biasanya di dirikan karena factor hujan yang lebat dan takut barang yang anda bawa rusak.

Jadi bagi kalian yang suka jelajah medan sama mendaki tenda darurat ini bisa di jadikan opsi untuk berteduh lebih cepat. Kami membuat tenda darurat menggunakan bahan yang simple. Bahan yang di pakai hanya 1 tongkat, jas hujan dan tali rafia.

Kalau mau buat tenda darurat, yang terpenting kuat dari angin, dan bisa melindungi barang yang takut kena hujan. Tapi kalau buat manusia ya gak cocok lah hehehe…

Dari kegiatan lomba ini, Alhamdulillah kami bisa mendapat gelar juara 1 yang di serahkan exsklusif oleh panitia pelaksana.

Kegiatan pada hari itu sudah selesai saat nya kita semua membersihkan badan. Selama 3 hari berkemah khusus yang laki-laki mandinya di sungai, kalau perempuannya di rumah-rumah warga.

Keesokan harinya kami melanjutkan kegiatan yang sudah di agendakan oleh panitia. Sekitar jam 9 pagi kita semua mulai berkempul di tengah lapangan dan mendengarkan arahan dari panitia. Setelah semua arahan selesai kami semua langsung berangkat.

Kegiatan ini adalah JELMED (Jelajah Medan) di mulai dari jam 9 pagi sampai jam4 sore. Di dalam kegiatan ini banyak ilmu yang bisa kami ambil, seperti cara menggunakan kompas dll.

Kami juga di ajarkan bagaimana caranya menolong orang yang sedang patah tulang karena kecelakaan, dan cara mengangkat korban ke tandu.

MENCARI TELUR PUYUH DI SUNGAI

Gambar Via Pixabay.com

Setelah kegitan hari ini selesai seperti biasa kami perhi mandi ke sungai. Tiba di sungai kami tidak langsung mandi karena salah satu teman kami ada yang menemukan telur puyuh.

Jadi kami putuskan mandinya di tunda dulu (wajar anak kecil). Kami mulai menelusuri sungai tempat kita mandi biasanya sambil membawa wadah untuk tempat telur puyuh.

Sekitar satu jam kami mencari telur puyuh dan mendapatkan banyak sekali kami putuskan langsung mandi dan bergegas pulang ke tenda.

Sesampainya di tenda, kami langsung memasak telur yang kita peroleh saat mandi. Kami masukkan telur puyuh kedalam air yang mendidih sambil menunggu telur matang salah satu dari kami mengambil makan malam.

Setelah telur matang kami tiriskan dulu karna makan malam kami habis sholat isya’. Setelah itu kami semua sholat maghrib di masjid berjama’ah, dan mendengarkan sedikit siraman rohani dari ustadz yang berada di masjid.

Setelah ceramah selesai kami sholat isya’, dan di lanjutkan makan bersama di tenda masing-masing. Karna rezeki anak sholeh, telur puyuh tidak ada yang rusak, jadi sebagian kami bagikan pada tenda-tenda yang lain.

Di hari ke 3 ini kami di buat senam jantung, karena hari inilah pemberitahuan siapa yang mendapat juara dan tidak. Dengan seizin tuhan Alhamdulillah kami mendapatkan 4 piala dan 4 sertifikat dari acara ini.

karena kami yang pertama kali mempersembahkan piala kepada sekolah melalui pramuka, semua guru yang ada mengapresiasi sekali. Dan sekrang exskul di SMP maju apalagi untuk yang pramuka.

Yah mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan pada artikel kali ini, sebuah pengalaman yang harus kita ingat selalu, dan kita tidak boleh menyerah. Good bye guys…

Farhan Sing akeh belajar lan ngopi... Orep butuh duwek lan inspirasi :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *