7+ Makanan Untuk Semua Jenis Kura Kura Darat Maupun Air [TERBARU]

Mengetahui lebih jelas tentang makanan kura kura. Banyak dari kita yang mempunyai hobi memelihara kura kura, namun tidak mengetahiu jelas makana dari jenis kura kura tersebut. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Admin akan sharing sedikit tentang Makanan Kura Kura.

Memelihara kura kura yang baik pada dasarnya mengetahui telebih dahulu apa jenis makanannya. Jika kita hanya membeli tanpa mengerti makanan dari kura kura tersebut, yang di takutkan adalah kura kura tidak menerima gizi yang baik.

Setiap jenis kura kura memiliki jenis makanan yang berbeda-beda. Cukup banyak varian makanan yang di sajikan untuk kura kura. Maka dari itu pahami umurnya dan kita akan mudah mengetahui apa jenis makanannya.

Makanan Buatan atau Alami

Makanan Buatan atau Alami
blog.kuranesia.com

Pada dasarnya makanan yang di buat sendiri menggunakan bahan yang alami mempunyai kelebihan tersendiri seperti gizi dan protein yang banyak. Hal yang perlu Anda ketahui jika membuat makanan buatan sendiri Anda harus mengerti dahulu umur dari kura  -kura tersebut.

Karena setiap jenis kura kura, umur kura – kura berbeda pola makanannya. Maka dari itu Anda harus mengerti terlebih dahulu sebelum membuatnya. Untuk Anda yang tidak mau ribet untuk membuat makanan kura kura, langsung beli saja di pasar, yang terpenting adalah cocok untuk si kura kura.

Kelebihan dalam membuat makanan sendiri adalah lebih hemat uang dan juga hasil buatan yang banyak. Maka dari itu jika Anda bisa membuatnya Anda juga bisa jadikan ide bisnis untuk di perjual belikan di pasaran dengan menggunakan merd Anda sendiri.

Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan Buah-Buahan
agusharynews.blogspot.com

Kura – kura darat adalah jenis hewan yang tergolong dalam Herbivora, yaitu adalah hewan pemakan tumbuhan atau sayuran. Jika kita memelihara kura kura entah itu kura kura darat maupun air, kita tidak usah capek memikirkan makanan untuknya.

Tinggal Anda sediakan sayuran dan buah – buahan seperi sawi, selada air, wortel, kangkung dan masih banyak lagi. Jenis makanan ini sangat mudah di cari, seperti di pasar, ataupun di supermarket juga ada.

Untuk kura – kura yang sudah dewasa Anda juga bisa memberikan makanan jagung besarta kulitnya. Kenapa kok sudah tidak makan sayur-sayuran lagi ? Karena kura kura sudah tumbuh dewasa, jadi tidak takut lagi untuk memberikannya makanan seperti itu.

Ada juga makanan yang bisa kita berikan hanya dalam waktu seminggu sekali, Seperti kacang panjang, lidah buaya, toge, buncis, kacang kapri, dan mentimun.

Apa hanya ini yang boleh di berikan selama seminggu sekali ? Apa alasannya ? Karena jika kita berikan makanan ini setiap hari, maka tidak baik untuk pertumbuhannya. Karena makanan – makanan di atas mengandung banyak protein yang bisa mengakibatkan Pyramiding.

Untuk makanan yang tidak bisa di berikan kepada kura – kura antara lain :

  • Bunga kol
  • Kubis
  • Kecipir
  • Bayam
  • Brokoli
  • Lobak
  • Daun singkong

Karena makanan – makanan di atas bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada tubuh kura kura.

Ikan atau Daging

Ikan atau Daging
infokd.wordpress.com

Jika yang tadi adalah kura kura jenis Herbivora, yang satu ini adalah jenis kura – kura Karnivora yaitu pemakan daging. Kura kura jenis karnivora kebanyakan adalah kura kura air karena hanya kura kura ini yang bisa memakan daging dan sayuran.

Daging yang paling di gemari oleh kura kura air adalah daging yang masih mentah yang belum di olah sama sekali. Memberikan makan daging untuk kura kura tidak boleh banyak-banyak, karena tidak akan baik untuk tubuh kura kura.

Hal yang akan terjadi jika sering di kasih makan daging akan menjadikan kura kura gemuk karena kura kura tidak menemukan nutrisi di dalam daging tersebut. Oleh sebab itu alangkah baiknya Anda masak terlebih dahulu sebelum Anda memberikannya.

Untuk makanan jenis ikan, jangan memberikan jenis ikan laut dan ikan yang beku kepada kura kura. Hal ini dapat mengakibatkan permasalahan dalam kurun waktu yang panjang.

Serangga dan Cacing

Serangga dan Cacing
klikdokter.com

Beberapa jenis kura kura juga bisa di beri makan serangga dan cacing seperti halnya jenis kura kura brazil. Ada yang bilang bahwa memberi makan kura kura dengan serangga sangat baik, namun jangan terlalu sering. Karena di takutkan ada efek samping jika terlalu banyak.

Tulang Sotong

Tulang Sotong
klanggenan.com

Agak ngeri ya, kenapa kok kura kura di kasih makan tulang. Eits, jangan heran, tulang sotong hanya nama dari cangkang binatang laut sejenis cumi-cumi, yang tulangnya juga tidak seperti tulan hewan seperti umumnya.

Memberikan makan tulang sotong kepada kura kura sangat bagus, karena akan menambah sumber kalsium dalam tubuh. Tulang sotong dapat anda temui di berbagai toko seperti toko burung, toko hewan, karena tulang sotong ini juga di gunakan untuk makanan burung dan lain-lain.

Pelet

pelet
rumahmesin.com

Selain Anda memberikan makanan alami berupa sayur-sayuran, dan buah-buahan, alangkah baiknya Anda juga menyiapkan makanan tambahan seperti Pelet. Pelet sendiri di produksi dengan sejumlah campuran macam zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh kura-kura seperti suplemen penambah gizi.

Pelet juga bisa Anda temukan di berbagai toko, seperti Pet Shop yang menjual berbagai makanan hewan. Sebelum Anda membelinya, cek terlebih dahulu formula yang terdapat dalam pelet tersebut. Kemudian pilih yang memiliki kandungan protein dan gizi paling tinggi.

Penutup

Terimakasih…

Barokahketik.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *