Contoh Surat Undangan

Halo guys salam sejahtera bagi kita semua, semoga kalian selalu di beri kesahatan orang allah swt dan juga jangan lupa bersyukur. Bersyukur itu sangat penting karena dengan bersyukur tandanya kita menghormati allah swt yang talah memberikan kesehatan dan lain – lain.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Contoh Surat Undangan. Langsung ke isi.

Contoh Surat Undangan – Kebanyakan orang pasti sudah tahu apasih surat undangan itu. Isi dari surat undangan adalah sebuah pesan yang di tujukan kepada satu orang atau kelompok yang akan di undang untuk menghadiri kegiatan tertentu.

Surat undangan di bagi menjadi dua, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Ke dua surat tersebut memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, dan juga untuk keperluan yang berbeda-beda. Surat undangan biasanya di buat pada saat mau mempunyai hajat seperti pernikahan, tahlil, dan lain sebagainya.

Contoh dari surat undangan resmi seperti para instansi – instansi perusahaan, pemerintahan dan organisasi seperti di daerah masing – masing. Jika suatu saat kalian semua mempunyai sebuah perusahaan yang besar, maka surat yang di terbitkan adalah surat resmi.

Contoh dari surat undangan tidak resmi seperti mengundang saudara atau teman karena ada mungkin penting sekali untuk mereka saksikan. Seperti halnya perkawinan dan lain – lain.

Perbedaan Antara Surat Undangan Resmi dan Tidak Resmi

Perbedaan Antara Surat Undangan Resmi dan Tidak Resmi
unsplash.com

Di lihat dari keseluruhan, fungsi dari surat undangan resmi dan tidak resmi adalah sama.  Dengan tujuan mengundang seseorang yang penting dalam sebuah lingkup acara instansi.

Perbedaan-perbedaan dari surat undangan yang resmi dan tidak resmi adalah bisa di lihat dari 5 poin yang bisa di jadikan acuan untuk menulis surat undangan.

1. Segi Tata Bahasa Undangan

Penulisan surat resmi menggunakan kata – kata yang baku dan yang sesuai dengan ejaan yang telah di sempurnakan. Untuk penulisan surat tidak resmi adalah menggunakan bahasa pergaulan atau bahasa sehari-hari yang simpel dan yang selalu diucapkan oleh masyarakat.

Akan tetapi tak banyak orang menggunakan bahasa sehari-hari untuk menulis sebuah undangan, karena mungkin di anggap kurang sopan. Sebab di takutkan ada yang tersinggung atau apalah itu yang bisa memecah belah antar teman atau keluarga.

2. Struktur Surat Undangan

Harus menggunakan kata yang baku dan jelas, karena surat resmi juga memiliki struktur yang sudah di tentukan. Juga harus jeli dalam menentukan sistematika di dalamnya, karena jika salah maka harus mebuatnya dari depan. Contohnya seperti kop, tanggal surat, nomor surat, alamat yang di tuju, salam, kalimat pembuka, isi dan penutup.

3. Gaya Bahasa dan Penyampaian Isi Surat

Dalam menyampaikan isi surat undangan resmi tidak boleh berbelit – belit harus langsung pada pokok pembahsan. Kenapa kok demikian ? Karena untuk mempermudahkan dan memahami maksud dari isi surat tersebut kepada penerima.

Jika surat undangan yang tidak resmi seringkali menyisipkan kata – kata ungkapan, kiasan dan doa selamat. Jika demikian tidak masalah karena yang di tuju bukanlah orang penting seperti orang kantoran dan karyawan negara.

4. Pemakaian Atribut Pada Surat Undangan

Untuk surat undangan resmi penting mencantumkan atribut seperti nama perusahaan, logo perusahaan atau instansi yang lainnya. Juga tidak boleh meninggalkan atribut seperti stempel pada surat tersebut, karena di takutkan itu bukan surat resmi yang di terbitkan oleh pihak yang bersangkutan.

Begitupun pada surat yang tidak resmi jika mau mencantumkan logo tidak masalah. Akan tetapi sekarang sangatlah jarang yang membuat seperti itu karena mungkin bukan surat resmi.

5. Tujuan Pembuatan Surat Undangan

Surat undangan resmi biasanya langsung bertujuan kepada siapa yang di undang, entah itu perorang atau kepada instansi sendiri. Biasanya surat resmi berisikan undangan rapat, seminar atau yang lainnya yang bersifat penting dan harus di ikuti atau jika tidak bisa boleh di wakilkan.

Jika surat undangan tidak resmi di cetak dengan tujuan mengundang kerabat dekat atau tetangga dalam acara yang tertutup atau pribadi.

Contoh Surat Undangan Resmi

Contoh Surat Undangan Resmi
unsplash.com

1. Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Pramuka


SMK ISLAM DARUT TAUHID
GUGUS DEPAN 05009 – 05408

Jln. Nirwana No. 04 Telp: (0812) 3456 7890 Kota Batam
Website : SMKIbatam.sch.id

Nomor     : 32.088/DARAH-TPI/X/2015
Lampiran : –
Perihal     : Undangan Peresmian Saka
Kepada

Yth. Dewan Saka Nilta Kusuma
Di –
Tempat   :
AssalamualaikumWr Wb

Salam Pramuka..

Dengan Hormat,

Dalam rangka program kerja Dewan Ambalan Gugus Depan 05009 – 05408 SMK ISLAM DARUT TAUHID T.A 2015/2016. Kami mengundang karena akan ada kegiatan promosi saka. Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon yang bersangkutan dapat hadir pada ;

Hari       : Senin, 10 Maret 2015

Waktu   : 15.30 WIB s/d Selesai

Tempat : Pemandian Sumber Taman

Kami menunggu kehadiran dan partisipasinya, sekian dari kami dan terima kasih

Wassalamualaikum Wr Wb

Batam, 20 Februari 2015

Pembina Pramuka

Sa’ad Jazuli Mpdi

2. Contoh Surat Undangan Resmi Rapat

PT ROTI EMPUK
Jl. Perindo No. 10 Magelang
telp : (0812) 3456 7890

Nomor    : 213/GS/XXI/2018
Lampiran : –
Hal           : Undangan Rakyat

Kepada Yth.
Bapak Sujarwo Tejo
General Manager PT ROTI EMPUK
Jl. Perindo No. 10 Magelang

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan di adakan rapat kerja Nasional General Manager PT Roti Empuk yang ke – 100 maka dengan ini kami mengundang seluruh General Manager cabang seluruh Indonesia, agar bisa menghadiri acara rapat nasional tersebut, yang akan di gelar pada:

Hari/Tanggal : Senin – Rabu, 15-17 April 2018
Jam               : 09.00 – 17.00 WIB
Tempat         : Hotel Grand Mewah Jl. Pahlawan No. 17 Magelang

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Mengingat betapa pentingnya acara ini kami mengarapkan kehadiran Bapak/Ibu tepat waktu. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Direktur Utama
PT Roti Empuk

Dr. Ir. H. Fuadi

3. Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan

PT ROTI EMPUK
Jl. Solo Km. 5,5 Tasik malaya
Telp : (0123) 3456 7890 Fax : (0123) 3456 7890

Tasik Malaya, 18 Juni 2017

Nomor : A.004/DTU/PTRM/VIII/2017
Lampiran : –
Hal : Undangan Rapat

Kepada Yth.
Bapak Nurul Saputro
General Manager PT. Roti Empuk
Jl. Taman Siswa Km. 12 Tasik Malaya

Dengan Hormat,

Sehubungan deng PT. Roti Empuk yang akan melaksanakan rapat kerja nasional ke – 7, maka dengan ini kami mengundang maka dengan ini kami mengundang seluruh General Managern Dan Manager Marketing cabang seluruh Indonesia, agar bisa menghadiri rapat nasional tersebut, yang akan di gelar pada:

Hari/Tanggal : Senin – Rabu, 15-17 April 2018
Jam               : 09.00 – 17.00 WIB
Tempat         : Hotel Grand City Jl. Pahlawan No. 17 Tasik Malaya

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Mengingat betapa pentingnya acara ini kami mengarapkan kehadiran Bapak/Ibu tepat waktu. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Direktur Utama
PT Roti Empuk

Dr. Ir. H. Fuadi

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi
unsplash.com

1. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Arisan Ibu-Ibu

Banyuwangi, 27 Maret 2016

Salam sejahtera bagi kita smua

Pada kesempatan kali ini saya berterima kasih sangat kepada ketua pelaksana arisan, dan acara pencabutan nomor gelar arisan di rumah saya. Selaim itu saya memohon kepada saudara – saudara semua agar bisa datang pada acara tersebut.

Acara pencabutan Nomor arisan akan di laksanakan pada;

Hari/Tanggal : Minggu, 01 April 2016
Waktu : 13.00 WIB s/d Selesai
Tempat : Graha Pena Blok K No. 13 Banyuwangi

Selaku tuan rumah kami berharap kepada saudara – saudara semua agar bisa menyempatkan waktu untuk menghadiri acara ini. Sekian dan terima kasih.

Tuan rumah

Juminem Ariyanto

Penutup

Sekian sedikit ilmu yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *