Farhan Sing akeh belajar lan ngopi... Orep butuh duwek lan inspirasi :v

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

3 min read

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Memang yang kita tahu selama ini belajar berbicara menggunakan bahasa inggris sangatlah sulit atau juga tidak suka. Namun ada sebagian besar orang di luar sana yang ingin sekali bisa berbahasa inggris. Banyak metode – metode yang bisa kita pakai, antara lain yaitu dengan menggunakan metode belajar bahasa inggris otodidak.

Bahasa inggris mungkin tidak asing lagi bagi kita, karena kurang lebih 12 tahun kita pasti menemukanya yaitu pada saat sekolah. Bisa juga sampai kita kuliah masih ada tuh pelajaran bahasa inggris.

Jika sampai sekarang Anda masih menggemari bahasa inggris namun masih belum bisa mengucapkannya dengan fasih dan benar, saya sarankan untuk mengikuti kursus inggris. Karena di tempat itu Anda akan di bimbing bagaimana mengucapkan bahasa inggris dengan fasih, dan juga kosa kata yang baik.

Di sini Admin juga ingin share bagaimana caranya berbicara bahasa inggris yang baik dan benar tanpa harus mengikuti LES PRIVAT yang berbayar.

1. Niat dan Target

Niat dan Target
yusufprabu.wordpress.com

Kenapa kok niat itu ada di urutan pertama ? Ya, karena jika tidak ada niat yang jelas kemungkinan besar pada pertengahan belajar pasti akan tumbang. Di karenakan faktor – faktor seperti malas, susah menghafalnya, dan masih banyak lagi faktor – faktor yang bisa membuat kita tumbang.

Maka dari itu persiapkan niat, tata ulang niat agar tetap semangat dalam tahap belajar. Karena belajar bahasa itu tidaklah mudah, harus sabar dan juga semangat untuk berusaha.

Sebagian orang melayangkan bahwasannya belajar berbahasa inggris hukumnya wajib. Hal itu di karenakan mereka mau melamar kerja kepada perusahaan – perusahaan besar yang berlabel internasional. Maka dari itu sangat di butuhkan untuk di gunakan pada saat wawancara ataupun nanti setelah di terima kerja.

Bukan hanya untuk kalangan pekerja saja, namun di kalangan mahasiswa besar juga di wajibkan. Karena mereka pasti akan mencari fakultas yang bagus di luar sana dengan menggunakan beasiswa atau juga reguler.

2. Membaca Naskah atau Kosa Kata

Membaca Naskah atau Kosa Kata
hipwee.com

Poin yang kedua ini juga sangat penting, di lain untuk memperlancar kita dalam belajar, juga bisa menambah daya ingat kita dalam menghafal. Disisi lain kita juga dapat pelajaran yaitu untuk membiasakan kita dalam mengucapkan kalimat demi kalimat bahasa inggris.

Perbanyak membaca maka Anda akan cepat memahaminya.

3. Listening

listening
kampungcourse.id

Mendengarkan adalah belajar secara alternatif yang bisa di katakan sangat manjur. Contoh seorang anak kecil yang pernah mengikuti audisi Hafidz Indonesia di tv nasional, ia menghafal dengan metode mendengarkan, di karenakan ia buta. Hafalannya juga kuat dan lancar.

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwasannya menghafal dengan cara mendengarkan sangat efektif, bukan untuk sebagian orang saja namun untuk semua.

Mungkin ada juga yang beranggapan bahwa menghafal dengan metode mendengarkan adalah hal yang mustahil atau hanya di khususkan untuk orang tertentu saja. Namun yang harus kita pikirkan bukan itu, metodenya yang harus kita tiru agar kita bisa meskipun tidak seperti ia (Hafidz).

4. Bicara dengan Diri Sendiri

Bicara dengan Diri Sendiri
kompasiana.com

Tips yang satu ini mungkin terdengar agak aneh ya, namun yang kita ambil sisi positifnya saja. Berbicara sendiri di sini bukan berarti Anda atau Dia gila ya, tapi kita mencoba praktek berdialog dengan diri kita sendiri sebelum berdialog bersama orang lain.

Cara yang ini bisa di bilang efektif lah ya, sudah banyak orang yang membuktikannya di luaran sana dengan mempraktekkan tips yang satu ini. Dengan begitu tips atau cara yang ini statusnya bukan Clicbait akan tetapi tips ini work.

5. Menggunakan Fitur Google Translate

Menggunakan Fitur Google Translate
shaanhaider.com

Dengan adanya perkembangan zaman yang sangat pesat, google sendiri menjadi perusahaan internasional mengeluarkan fitur yang namanya Google Translate. Di dalam fitur ini ada yang namanya “Listen“, kita bisa memanfaatkannya untuk belajar bahasa inggris, atau juga bahasa lain.

Dengan adanya fitur ini akan bisa mempermudah anda dalam berbahasa inggris. Disini yang kita pelajari bukan kosa katanya ya, namun lebih kepada pengucapan atau penyampaian dengan menggunakan bahasa inggris.

6. Mencari Teman Untuk Praktek

Mencari Teman Untuk Praktek
thecreativepenn.com

Setelah melakukan tips – tips yang sudah saya sampaikan di atas, sekarang waktunya untuk Anda praktek. Gimana prakteknya min ? Mudah saja, tinggal cari teman yang mahir atau juga masih sama – sama belajar bahasa inggris. Kalau tidak punya gimana min ? Kalau kamu masih sekolah atau kuliah langsung saja temui guru yang mengajar Bahasa Inggris (kalau tidak malu).

Tips ini bertujuan untuk membiasakanmu untuk berbicara bahasa inggris dengan berani dan tidak jaim – jaim lagi. Biasanyakan kalo masih belajar suka jaim karena takut di bully mungkin yah.

7. Bedo’a dan Istiqomah

Bedo'a dan Istiqomah
tribunnews.com

Di lain tips – tips yang sudah Admin utarakan di atas, yang selanjutnya adalah berdo’a dan istiqomah. Disisi lain kita berusaha dan istiqomah, juga harus di barengi dengan do’a karena usaha terus tanpa do’a tidak akan bisa. Sebaliknya do’a terus menerus tanpa usaha hasilnya juga tidak akan bisa, maka dari itu pebanyak berdo’a dan berusaha insya Allah bisa.

8. Penutup

Mungkin hanya itu saja yang bisa Admin jelaskan, semoga tips – tips belajar bahasa inggris dengan cara otodidakas bisa membantu Anda dalam belajar. Terimakasih banyak…

Sumber : makeitation.com

Barokahketik.com

Farhan Sing akeh belajar lan ngopi... Orep butuh duwek lan inspirasi :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *