Bahan Kain Linen | Kekurangan | Jenis | Karakteristik (TERLENGKAP)

Bahan Kain Linen  – Bahan kain ada banyak sekali, contohnya kain Twiscone , Wolfis, Maxsmara, dan masih banyak lagi jenis – jenis kain yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang kain linen. Mulai dari karakteristik, keunggulan, kekurangan, cara merawatnya dan berbaring – berbaring. Jika kita mendengar perkataan tentang kain, mungkin kita beranggapan semua itu sama, padahal banyak sekali karakter – karakteristik yang membedakannya.

Perlengkapan kain linen sendiri tidak hanya digunakan untuk keperluan Set Tempat Tidur. Akan tetapi masih banyak produk – produk lain yang terbuat dari kain linen seperti baju, perlengkapan meja dan berbagai macam kerajinan tangan yang juga terbuat dari bahan linen yang juga di campur dengan kain katun.

Karakteristik Kain Linen

Karakteristik Kain Linen
olympics30.com

Kain linen sendiri adalah salah satu jenis kain yang dibuat dari bahan serat tumbuhan linen. Di berbagai negara – negara besar seperti negara Eropa,  kain linen ini sangat di gemari oleh semua penduduk. Karena memiliki karakteristik yang sangat bagus dan istimewa.

Bukan hanya itu saja, kain linen juga bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Dalam hal ini yang harus kita ketahui dan mengerti tata cara perawatannya yang baik dan juga benar. Semakin lama juga kain ini di gunakan dan sering juga di cuci dengan cara yang benar maka kain ini akan terasa semakin nyaman.

Perlu kita ketahui bersama kain linen adalah salah satu bahan pakaian yang di Klasifikasikan ke dalam jenis kain yang cukup istimewa. Bahan kain linen dibuat dari serat alami dari tumbuhan rami yang memiliki tekstur halus dan juga agak berkilau.

Kain linen memiliki sejarah yang luar biasa, mengapa demikian? Karena kain linen di hasilkan dari serat rami yang merupakan kain pertama kali yang diketahui sepanjang sejarah manusia. Serat linen merupakan serat pertama kali digunakan oleh manusia sebagai dasar pembuatan kain.

Karakteristik Kain Linen

Kain linen ini memiliki karakteristik dan keunikan teresendiri. Terkumpul ada 7 karakteristik yang perlu Anda ketahui :

  1. Memiliki warna lebih putih dan sedikit lebih pucat.
  2. Kain yang juga memimiliki serat alami dengan serat yang paling kuat jika dibandingkan dengan serat yang lain.
  3. Keunikan kain ini akan semakin sering dicuci maka permukaan kain ini akan semakin lembut. Perawatan dari kain ini juga di utamakan, karena jika tidak bisa dirawat akan menjadi sangat tidak bagus.
  4. Kain yang memiliki harga jual dan kualitas yang tinggi dan juga memiliki permukaan yang halus dan rapi.
  5. Pakaian yang memiliki dasar dari kain linen tidak hanya memiliki keunggulan halus dan mengkilap, juga kain ini tidak mudah kotor.
  6. Kain yang menyebabkan kain ini rusak adalah jamur, keringan dan juga pemutih kain.
  7. Baju berbahan dasar kain linen juga akan terasa sejuk jika dipakai di daerah tropis dan juga panas.

Kelebihan Kain Linen

Kelebihan Kain Linen
olympics30.com

Menjadi kain yang memiliki kualitas tinggi kain ini memiliki banyak keunggulan – keunggulan yang membuat kain ini lebih istimewa. Jika anda berada di surabaya saya sarankan untuk mencoba jasa konveksi kaos surabaya, karena hasilnya tidak akan mengecewakan. Berikut adalah beberapa keunggulan – kain linen terbaik yang dapat Anda dukung:

1. Memiliki Serat Tebal

Dapat dikatakan bahwa semua jenis kain linen memiliki serat kain yang lebih tebal, jika di bandingkan dengan jenis kain lainnya. Dengan ini, dapat di pastikan bahwa kain linen memiliki kualitas sangat tinggi.

Karakteristik dari kain linen sendiri adalah memiliki serat benang yang lebih tebal. Sehingga membuat kain linen menjadi kebih kuat pada saat di pegang.

2. Enak Saat Di Pakai

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa kelebihan lain dari kain linen ini adalah terasa adem pada saat di pakai. Bahan ini sangat di rekomendasikan untuk membuat baju, gamis atau jilbab.

3. Tekstur Yang Lembut

Hal yang wajar, karena kain yang terbuat dari bahan dasar serat alami pasti memiliki tekstur yang lembut dan juga halus. Sehingga banyak orang yang menggemari pakaian dengan bahan kain yang satu ini.

4. Serabut Tidak Terburai

Kain ini memiliki serabut yang tersusun sangat rapi, tidak seperti kain yang terbuat dari kapas (cutton). Juga mempunyai kelebihan serabut yang tidak terburai.

Kekurangan Kain Linen

Kekurangan Kain Linen
id.aliexspress.com

Tidak semua kain yang berkualitas tinggi tidak memiliki kekurangan sama sekali. Kain linen juga memiliki kekurangan, seperti disetujui berikut:

1. Tergolong Kain Berat

Bagi anda yang bukan pecinta kain berat, maka kain ini tidak kami sarankan karena tidak akan cocok bagi tubuh anda. Sebagai alternatifnya anda juga bisa memilih bahan kain katun yang biasanya di buat dari bahan dasar katun toyobo, supernova dan ima.

Disisi lain bahan kain yang berat menjadikan susah pada saat di cuci. Meskipun kain ini bisa di bilang berat namun kain ini tergolong relatif dan juga kain ini terdiri dari banyak jenis.

2. Serat Kain Lebih Mudah Terurai

Di karenakan serat kain yang mempunyai ukuran besar – besa, hal ini yang menhajadikan kain ini sangat mudah terurai. Cara menghindari itu biar tidak terjadi, maka cara merawatnya harus pintar dan juga baik, agar tidak mudah rusak.

Cara Merawat Kain Linen

Merawat Kain Linen
mizutex.com

Kain linen sendiri tidak hanya di buat untuk baju atau semacamnya. Kain linen juga biasanya di buat untuk sprei, sarung guling, sarung bantal dan juga selimut. Memiliki pakaian dengan bahan dasar kain linen, maka Anda harus tahu benar cara merawatnya agar tidak mudah rusak.

Perlu Anda ketahui juga, kain linen di bagi menjadi 2 jenis, yaitu kain linen yang bisa di cuci dan tidak bisa di cuci. Cara membedakan yang bisa di cuci yaitu memiliki permukaan yang lebih lentur dan tidak rata. Sedangkan yang tidak bisa di cuci adalah kain yang memiliki permukaan yang lebih kaku dan rata.

Jika ingin mencuci pastikan Anda membersihkan terlebih dahulu noda yang menempel pada kain tersebut (kain yang dapat di cuci). Untuk jenis kain linen yang bisa di cuci usahakan memakai deterjen yang sudah di campur dengan suhu hangat.

Pada saat mencuci hal yang perlu Anda perhatikan adalah hindari pemutih pakaian. Karena jika memakai pemutih pakaian serat kain akan mudah rusak, maka hindari pada saat mencuci. Pelajari juga cara mencucinya agar bisa awet dan juga bagus untuk kainnya. Untuk cara penjemurannya balikkan bagian dalam dan bagian dalam di taruh bagian luar.

Cara menyetrika dari kain linen sendiri, akan lebih baik jika di setrika pada saat masih lembab. Hal ini bertujuan untuk merapikan bagian – bagian yang kusut agar lebih gampang. Menyetrika bisa di mulai dari bagian dalam, lalu berpindah pada bagian luar kain agar bisa mendapat hasil maksimal.

Note : Setelah selesai di setrika pastikan kain segera di gantung, jangan melipat baju yang berbahan dasar kain linen.

Jenis Kain Linen Di Pasaran

Kain Linen DI Pasaran
suara.com

Kain linen sendiri memiliki banyak sekali jenis – jenis bahan dengan nama bahan yang sedikit berbeda. Berikut akan kami jelaskan macam dan juga perbedaannya :

kain Linen Euro

Bahan kain linen euro merupakan jenis kain yang paling kaku dan juga memiliki serat kain yang paling besar dan longgar di antara jenis kain linen yang lainnya. Bahan kain ini jika di perhatikan juga bisa menerawang, bisa saja hal ini di sebabkan karena besarnya serat menjadikannya longgar.

Kain ini juga tergolong dalam jenis yang sifatnya berat dan tidak jauh berbeda dengan jenis kain wolfis. Terlebih kain ini banyak di jadikan gorden oleh sebagian orang, mungkin karena jenis kain yang tebal, dan jika di setrika bekas garis setrika lama hilangnya.

Kain Linen Look

Untuk bahan dasar kain linen look yang ini memiliki kelebihan yaitu memiliki serat – serat yang halus dan lembut, dan juga menjadikan kain ini sangat berkualitas. Jika di tinjau dari segi kualitas kain linen look jauh lebih baik dari pada kain linen euro. Karena kain linen look memiliki kelebihan seperti lembut, halus, dan juga licin.

Bahan kain ini sudah banyak di gunakan untuk membuat baju, kemeja, gamis, dan lain-lain. Banyak orang yang bilang bahwa jenis kain in sangatlah tebal, mungkin karena itu bahan kain ini di namakan kain linen look (serat yang terlihat).

Kain Linen Lineta Atau Linen Slub

Kain ini memiliki susunan serat yang rapat dan juga memiliki tekstur saling silang pada bagian permuakaannya. Bahannya juga lebih bagus di bandingkan dengan kain linen look. Ciri khas dari kain linen lineta yaitu susunan garis benang atau slub yang putus-putus dan silang.

Kain Linen Kenzo

Jenis kain yang satu ini masih baru dan juga tidak banyak beredar di pasaran. Kain ini memiliki spesifikasi atau karakteristik ketebalan pada bahan kainnya dan juga hampir sama dengan kain linen slub. Karakter kain ini juga lebih kasar pada permukaan kainnya, karena hal ini menjadikan kain ini sering di jadikan pakaian seperti blazzer dan baju koko.

Kain Linen 3G

Kain yang kali ini juga masih baru, hampir sama dengan Kain Linen Kenzo, yang membedakannya adalah kain ini terlihat sangat unik dan elegan. Tekstur penampilannya hampir sama dengan serat kayu, dan juga penampilannya lebih modern di pandang.

Karakteristik lain dari kain ini adalah bahannya yang tidak halus, tidak licin, dan juga tidak jatuh. Khas dari kain linen 3G adalah memiliki garis panjang yang lurus, yang sejajar sehingga terlihat pada permukaan kain.

Sumber : Olympics30.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *